Sebagai Mahasiwa, Lebih Pilih Tinggal di Kosan atau Asarama?

Sebagai Mahasiwa, Lebih Pilih Tinggal di Kosan atau Asarama?

Memang kehidupan menjadi mahasiswa merupakan awal dari proses pembelajaran dalan kehdiupan yang sebenarnya. Dalam status mahasiswa, anda akan belajar mandiri dimana segala sesuatu harus anda kerjakan sendiri. Secara umum, mahasiswa ada yang tinggal sementara di kosan atau asrama. Kedua tempat tinggal ini memiliki kelebihan masing – masing. Menurut angka statistik, kebanyakan mahasiswa yang ada di Indonesia lebih cendrung tinggal di kosan dengan berbagai alasan. Bagi anda yang masih mahasiswa, lebih pilih tinggal di kosan atau asrama ?

Kosan merupakan tempat tinggal sewa yang terdapat beberapa fasilitas dengan kamar bisa digunakan berdua atau sendiri.  Sedangkan asrama merupakan jenis tempat tinggal sewa yang menyerupai kosan namun biasanya terdiri dari lebih dari dua orang dalam satu kamar. Oleh sebab itu sebelum anda memilih maka sebaiknya anda perhatikan beberapa kelebihan yang anda dapatkan ketika bertempat tinggal di kosan. Begitu pula jika anda memilih asrama sebagai tempat tinggal.

Kelebihan Tinggal di Kosan

Ada beberapa keuntungan jika anda memilih kosan sebagai tempat tinggal sementara saat anda berstatus sebagai mahasiswa. Berikut ini beberapa keuntungan tinggal di kosan, antara lain:

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Terdapat Kamar Pribadi

Salah satu kelebihan dari kosan adalah tersedianya kamar pribadi artinya kamar yang hanya ditempati oleh satu orang. Hal inilah yang membuat orang berstatus mahasiswa berbondong – bondong tinggal di kosan. Jika anda tinggal di kosan maka anda dapat memilih kamar pribadi dimana anda dapat berbuat sesuka hati. Sebaliknya jika anda memilih tinggal di asrama maka ada batasan – batasan norma ketika berada di dalam kamar kosan.

<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Peraturan yang tidak Begitu Ketat

Berbeda halnya dengan asrama yang terdapat beberapa peraturan yang membuat aktifitas gerak para penghuni terbatasi. Dimana kosan memberikan ruang bebas kepada penghuni koasan. Hal ini terlihat nyata tidak ada batasan waktu jam pulang. Jika anda ada tugas malam maka anda dapat sewaktu – waktu pulang ke kosan. Kondisi ini berkebalikan jika anda tinggal di asrama.

<!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->Memiliki Rekan Beragam Latar Belakang

Salah satu manfaat yang anda dapatkan jika anda kos adalah anda dapat meanmbah rekan dengan latar belakang yang beragama. Hal ini dikarenakan di kosan bukan hanya yang berstatus mahasiswa aja. Di tempat kosan terdapat para pekerja juga sehingga membantu anda jika anda perlu bantuan rekan sekosan anda seperti lowongan pekerjaan, lowoangan kerja praktek lapangan dan sejenisnya.

Kelebihan Asrama

Pada dasarnya asrama hanya digunakan untuk satu jenis seperti asrama kampus yang digunakan untuk mahasiswa atau mahasiswa yang berkuliah di kampus terebut. Namun di balik itu semua, asrama memiliki kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh tempat tinggal kosan, antara lain:

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Harga Relatif Murah

Kondisi ini memang benar, dimana harga sewa kosan perbulan lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa asrama. Terkait harga sewa kampus ini untuk setiap kota berbeda – beda. Dimana harga sewa di kota besar lebih mahal dari pada di kota kecil dengan fasilitas yang serupa.

<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Jarak Asrama lebih dekat dengan Kampus

Kelebihan lainnya dari asrama adalah lokasi asrama lebih dekat dengan kampus jika dibndingkan dengan kosan. Mayoritas lokasi kosan berada di luar area kampus sedangkan asrama mahasiswa berada didalam komplek area kampus. Oleh sebab itu, jika mahasiswa tinggal di asrama lebih mudah cepat sampai di ruang perkuliahan.

Demikian penjelasan mengenai pilihan mahasiswa untuk tinggal dikosan atau asrama. Pastikan anda memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda, apakah bisa dicover oleh keleibihan kosan atau hanya bisa jika anda tinggal di asrama.