Perbedaan Mendasar Homestay dan Guest House

Perbedaan Mendasar Homestay dan Guest House

Perkembangan dunia bisnis khususnya bisnis properti berkembang begitu pesat. Ada beragam jenis tempat tinggal sementara untuk disewakan kepada pelancong atau perantau dari luar daerah. Salah satu tempat tinggal tersebut yaitu homestay dan guesthouse. Kedua jenis tempat tinggal sementara ini memang terlihat serupa namun ada perbedaannya. Saat ini sudah banyak homestay dan guesthouse di beberapa kota besar di Indonesia. Pada umumnya kedua tempat ini ada di tempat wisata untuk disewakan kepada para wisatawan yang sedang berlibur. Pada artikel ini akan membahas terkait perbedaan mendasar homestay dan guest house.

Banyak jenis penginapan atau tempat tinggal sementara yang membuat banyak orang gagal paham. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis penginapan seperti wisma, hotel, kosan harian, vila, homestay dan guest house.  Meskipun sama – sama digunakan untuk tempat tinggal sementara namun ada perbedaan yang mendasar. Seperti antara homestay dan guest house terdapat perbedaan yang mendasar.

Pengertian Homestay

Homestay merupakan penginapan atau bangunan berbentuk rumah yang disewakan secara harian atau bulanan. Secara umum homestay ini menyediakan rumah yang memiliki kamar lebih dari satu. Fasilitas yang didapat penghuni homestay ini adalah makan pagi, fasilitas dapur, ruang makan, ruang keluarga, kamar mandi, serta fasilitas lainnya yang dapat dinikmati secara pribadi seperti rumah sendiri.

Oleh sebab itu, jenis penginapan ini sangat cocok untuk berlibur dengan membawa keluarga sehingga lebih nyaman seperti rumah sendiri. Jika anda berlibur sendiri, penginapan ini terasa sisa – sia karena banyak fasilitas yang tidak anda manfaatkan. Selain itu, homestay terdapat lahan parkir luas yang digunakan untuk menyimpan mobil.

Pengertian Guest House

Guest house merupakan tipe penginapan berbentuk rumah yang menyediakan kamar untuk disewakan secara harian atau bulanan. Guest house ini serupa dengan kosan namun kosan biasanya identik dengan penghuni yang berstatus mahasiswa atau pelajar. Untuk guest house sendiri biasanya diperuntukan wisatawan atau tamu undangan di acara tertetnu. Pada guest house ini juga terdapat fasilitas yang digunakan untuk menunjang aktifitas penghuni guest hosuse. Fasilitas tersebut antara lain AC, TV, kamar mandi, lemari, tempat tidur dan fasilits lainnya di kamar tidur. Selain fasilits pribadi di kamar tidur tersebut juga terdapat fasilitas umum yang digunakan secara bersama – sama seperti dapur, ruang keluarga, ruang makan dan sebagainya. Jika anda menyewa guest house ini anda akan mendapatkan makan pagi dari pengelola guest house.

Seperti yang dijelaskan diatas, penginapan jenis guest house ini sangat cocok jika anda berlibur sendiri tanpa ada rekan atau keluarga yang menamani. Hal ini dikarenakan guset house hanya menyewa tempat tinggal per kamar bukan per rumah. Oleh sebab itu, penginapan jenis guest house ini banyak ditemukan di area lokasi wisata.

Perbedaan Homestay dan Guest House

Setelah memahami pengertian homestay dan guest hosue maka anda dapat membedakan kedua jenis penginapan tersebut. Berikut ini perbedaan mendasar homestay dan guest house, antara lain:

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Homestay menyewa rumah secara keseluruhan sedangkan guest house menyewakan kamar tidur saja.

<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Fasilitas ruang keluarga, dapur, ruang makan digunakan bersama – sama dengan penghuni lainnya di guest house.

<!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->Antar penghuni di homestay saling kenal sedangkan di guest house tidak saling kenal

<!--[if !supportLists]-->4.      <!--[endif]-->Secara keamanan di homestay lebih terjamin karena antar penghuni merupakan keluarga atau rekan sendiri

<!--[if !supportLists]-->5.      <!--[endif]-->Untuk homestay area parkir milik pribadi karena tidak ada penghuni lain sedangkan di guest house harus berbagi tempat partkir untuk penghuni lainnya

Demikian penjelasan terkait perbedaan mendasar homestay dan guest house. Bagi anda yang ingin berlibur pastikan terlebih dahulu terkait penginapan. Anda dapat memilih homestay atau guest house apabila anda telah memutuskan mau berlibur beramai – ramai atau individu.