Menimbang Untung atau Rugi dalam Menjalankan Bisnis Kosan

Menimbang Untung atau Rugi dalam Menjalankan Bisnis Kosan

Dalam berbisnis apapun kondisi untung dan rugi pasti pernah anda alami terutama saat memulai usaha. Salah satu bisnis yang perlu anda pertimbangkan terkait untung dan rugi adaalh bisnis kosan. Dalam memulai usaha harus terlebih dahulu dihitung terkait untung dan rugi usaha tersebut. Jika dirasa menguntungkan maka anda bisa menjalankannya. Keuntungan disini bisa dalam durasi jangka menengah maupun jangka panjang. Pada bisnis kosan terlihat ada keuntungan jangka panjang yang bisa anda dapatkan. Pada artikel ini akan diulas secara lengkap terkait menimbang untung atau rugi dalam menjalankan bisnis kosan.

Untuk melihat untung dan rugi, anda harus mengulas satu persatu. Terkait keuntungan dalam menjalankan bisnis kosan ini beragam manfaat yang ada dapatkan. Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dalam menjalankan usaha atau bisnis kosan, antara lain:

  • <!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Peluang mendapatkan penghasilan tambahan

Salah satu keuntungan yang pasti anda dapatkan adalah bertambahnya penghasilan anda. Hal ini dikarenakan peluang usaha kosan ini terbuka lebar dan mendatangkan penghasilan tambahan. Apalagi saat ini banyak peminat orang untuk tinggal di kosan dari pada di kontrakan. Selain itu, hampir setiap kota terdapat kampus atau pabrik sehingga peluang usaha kosan ini dapat meningkat. Oleh sebab itu, keuntungan seperti ini yang perlu anda pahami.

  • <!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Dapat dijadikan penghasilan jangka panjang

Bisnis kosan ini selain menghasilkan pendapatan tambahan, usaha kosan ini juga mampu menjadi investasi untuk jangka panjang. Hal ini terlihat usaha kosan ini tak lepas dari sepinya peminat orang untuk kosan. Banyak oarang membutuhkan kosan sebagai tempat tinggal sementara. Selain itu, usaha ini dapat anda turunkan ke anak cucu anda.

  • <!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->Pengelolaan bisnis kosan ini lebih mudah

Bila dibandingkan dengan usaha sejenis seperti kontrakan, vila dan sebagainya, bisnis kosan ini jauh lebih mudah dan murah. Pengelolaan kosan ini berupa pembersihan kosan, pengamanan kosan dan kenyamanan area kosan. Keuntungan kosan inilah yang membuat banyak orang beralih ke bisnis kosan. Meskipun pendapatan tidak sebesar bisnis hotel atau vila namun secara kontinuitas dan volume lebih baik usaha kosan.

  • <!--[if !supportLists]-->4.      <!--[endif]-->Rumah kosan lebih terawat

Keuntungan lainnya yaitu rumah anda lebih terawat. Hal ini dikarenakan di kosan terdapat peraturan – peraturan yang harus diatati oleh penghuni kosan. Jika dibandingkan dengan kontrakan, lebih baik kosan karena pada umumnya kontrakan tidak terdapat aturan yang mengikat untuk penghuninya. Hal inilah yang menjadi magnet tersendiri banyak orang beralih usaha dari bisnis konrrakan ke usaha kos – kosan.

Selain keuntungan yang telah dijelaskan diatas,  usaha kosan ini juga terdapat kekurangan yang bisa berdampak pada kerugian anda membuka kosan. Namun kekurangan ini dapat anda atasi dengan mudah. Berikut ini beberapa kekurangan dari bisnis kosan, antara lain:

  • <!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Perlu modal yang besar

Untuk bisnis kosan ini memang harus memiliki modal besar untuk membangun rumah kosan. Namun bila dibandingkan bisnis properti lainnya, usaha kosan ini membutuhkan modal finansial yang paling murah jika dibandingkan dengan usaha hotel, vila dan sebagainya. Jangan khawatir, saat ini banyak pihak yang rela memberikan pinjaman usaha asal rencana dan strategi bisnis anda tepat.

  • <!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Anak kos susah diatur

Masalah atau kekurangan ini memang pasti ada, namun anda bisa mencari solusi dengan membuat aturan yang tegas dan terikat. Aturan inilah yang membuat penghuni kosan atau anak kosan akan mudah diatur dan tetap nyaman tinggal di kosan anda.

Demikianlah penjelasan terkait menimbang untung atau rugi dalam menjalankan bisnis kosan. Bagi anda yang ingin memulai usaha kosan maka penting untuk menimbang atau memperhatikan terkati untung atau rugi usaha tersebut.