Kosan Harian Vs Hotel

Kosan Harian Vs Hotel

Bagi anda yang hobi traveling pasti ketika anda berpergian membutuhkan tempat tinggal sementara di lokasi yang hendak anda tuju. Saat ini sudah banyak aneka tempat tinggal sementara seperti hotel, apartemen harian dan bahkan kosan harian. Banyak orang ketika berpegian di luar kota memilih tinggal sementara di hotel. Namun hal ini akan menambah budget anda saat bertraveling. Untuk menghemat biaya anda dalam berpergian salah satunya adalah memilih kos harian dari pada tinggal di hotel. Sekarang ini hampir semua kota menyediakan jasa kosan harian dengan fasilitas yang tidak kalah dengan fasiltas di hotel. Pada artikel ini akan dibahas perbandingan tempat tinggal sementara antara kosan harian vs hotel.

Bisnis tempat tinggal ini memang sekarang ini sudah mulai banyak diminati. Baik itu kosan harian maupun hotel. Namun keduanya memiliki kelebian dan kekurangan masing – masing. Anda harus pandai – pandai memilah dan memilih mana yang cocok ketika anda berpergian di suatu daerah.

Kelebihan dan Kekurangan Kosan Harian

Kosan harian memang secara kasat mata lebih murah jika dibandingkan dengan hotel. Bagi anda yang budgetnya pas – pssan maka sebaiknya anda lebih memilih kosan harian untuk tempat tinggal sementara. Selain harga yang relatif murah, berikut ini beberapa kelebihan dari kosan harian,  antara lain:

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Bebas

Jika anda tinggal di kosan harian maka anda bebas pulang jam berapa saja. Selain itu ada beberapa kosan harian yang dibebaskan membawa hewan peliharaan. Kelebihan ini banyak dicari oleh para pelancong yang membawa hewan peliharaan seperti kucing.

<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Jauh dari Jalan Raya

Salah satu keunggulan dari kosan harian adalah kebanyakan dibangun masuk ke gang dan tidak berhadapan secara langsung dengan jalan raya. Kondisi ini menguntungkan bagi penghuni kosan karena lebih tenang dan tidak terganggu dengan suara kendaraan di jalan raya yang lebih padat bandingkan dengan jalan di gang.

Selain terdapat kelebihan juga terdapat kekurangan jika bertempat di kosan harian. Berikut ini kekurangan dari kosan harian, antara lain:

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Tingkat Keamanan

Kekurangan yang pertama dan utama dari kosan harian adalah minimnya penjagaan sehingga berdampak pada keamanan yang rendah. Jika anda melihat beberapa kasus terkait tindakan kriminal seperti pencurian, kebanyakan kasus tersebut berada di kosan terutama kosan harian.

Kelebihan dan Kekurangan Hotel

Seperti halnya kosan harian, hotel pun menyediakan kamar hotel yang disewakan secara harian. Kamar hotel ini terdiri dari berbagai tipe tergantung dari kualitas hotelnya. Ada yang tipe kamar deluxe, twin atau double dan exclusive. Tipe tersebut dibedakan berdasarkan luas kamar. Dimana luas kamar akan sebanding dengan harga sewa kamar hotel tersebut. Berikut ini beberapa kelebihan dari kamar hotel, antara lain:

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Fasilitas yang Lengkap

Semakin berkelas hotel yang anda tempati maka semakin besar harga sewa kamar hotel tersebut. Hal ini seiring dengan fasilitas yang diberikan juga lebih lengkap. Fasilitas ini bisa berupa layanan Wifi, layanan pembersihan kamar hotel, tersedianya makan pagi dan makan malam bahkan tersedia layanan antar jemput tamu hotel di bandara. Biasanya layanan terakhir tersebut hanya ada di hotel – hotel berbintang seperti hotel bintang 4 atau bintang 5.

<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Keamanan Terjamin

Secara umum tingkat keamanan hotel lebih terjamin jika dibandingkan dengan tempat tinggal sementara lainnya. Hal ini terlihat hampir semua hotel terdapat satpam dan teknologi CCTV yang selalu ready 24 jam non stop.

Selain kelebihan yang anda dapatkan ketika anda tinggal di hotel, namun anda juga perlu memerhatikan beberapa kekurangan kamar hotel dibandingkan dengan tempat tinggal lainnya. Berikut ini salah satu contoh kekurangan yang sering dikeluhkan banyak orang antara lain;

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Harga Sewa yang Relatif Mahal

Bila dibandingkan dengan harga sewa kosan harian bahkan apartemen harian, harga sewa kamar hotel paling tinggi. Dimana ketiganya memiliki fasilitas yang diberikan sama. Hal inilah yang membuat enggan para backpacker untuk tinggal di hotel dan tidak sedikit dari mereka lebih cenderung tinggal sementara di kosan harian.

Seperti itulah beberapa hal yang terkati perbedaan antara kosan harian vs hotel. Bagi anda seorang backpacker maka sebaiknya ada perhatkan beberapa hal terkait pemilihan tempat tinggal sementara antara kosan harian dengan kamar hotel. Jika anda pengin menghemat pengeluaran saat liburan, salah satunya dengan menginap di tempat yang realtif murah yaitu kosan harian.