5 Perbedaan Kosan Harian dan Homestay

5 Perbedaan Kosan Harian dan Homestay

Ada beragam jenis tempat tinggal sementara saat ini seperti hotel, apartemen, homestay bahkan ada pula kosan harian. Kosan harian ini dihitung seberapa hari menyewa kamar kosan. Dimana kosan harian ini kebanyakan menyewa kosan harian dengan durasi kurang dari 1 bulan. Hal ini serupa dengan homestay yang digunakan untuk menginap dalam hitungan hari. Secara definisi homestay merupakan tempat tinggal sementara yang meliputi rumah secara keseluruhan.  Hal ini sama seperti rumah kontrakan namun rumah kontrakan disewakan minimal 1 tahun atau beberapa tahun tergantung kesepatan. Sehingga kalau homestay dihitung perhari namun kalau rumah kontrakan dihitung pertahun. Jika dibandingkan dengan kosan harian, apa perbedaan yang mencolok antara kosan harian dengan homestay? Pada artikel ini akan membahas tentang 5 perbedaan kosan harian dan homestay.

Kosan biasanya cenderung menerapkan tarif bulanan namun tidak sedikit kosan di kota – kota besar memberikan jasa penyewaan kamar kosan secara harian. Bisnis kosan seperti ini mulai menjamur dan berkembang dengan begitu pesatnya. Namun sebelum bisnis ini muncul ada tempat tinggal yang memberikan jasa penginapan harian yang lebih murah jika dbandingkan dengan hotel yaitu homestay. Saat ini bisnis kosan harian dan homestay sudah berkembang dengan beberapa keunggulan masing – masing.  Hal ini terlihat banyak perbedaan antara kosan dan homestay. Berikut ini 5 perbedaan kosan harian dan homestay, antar lain:

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Kosan Harian lebih Murah dari Homestay

Hal ini dikarenakan kosan harian hanya menyewa kamar tidur saja namun untuk homestay, penghuni menyewa secara rumah secara keseluruhan. Di dalam kosan hanya ada kamar tidur dan fasilitas kamar mandi sedangkan untuk homestay terdapat kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamau dan ruangan lainnya di homestay tersebut dapat anda gunakan sepuasnya jika anda menyewa homestay.

<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Fasilitas Homestay lebih Banyak dari Kosan Harian

Seperti yang dijelaskan pada point diatas bahwa jika menyewa homestay berarti menyewa ruamah secara keseluruhan. Oleh sebab itu fasilitas homestay lebih banyak dibandingkan kosan harian. Dimana kosan harian hanya menyewa kamar tidur dan untuk kamar mandi biasanya dignakan secara bersama – sama.

<!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->Menambah Kenalan jika Menyewa Kosan Harian

Dalam satu kosan tidak semua sudah saling kenal sehingga diperlukan pengenalan kepada teman – teman satu kosan. Dari sinilah terjadi pengenalan yang berdampak pada menambahnya daftar rekan ataut teman anda. Penambahan rekan atau kenalan berarti dapat berdampak pada bertambahan relasi. Diman relasi ini bisa menjadi peluang untuk menambah rizki anda. Ingat kata pepatah semakin banyak relasi yang positif maka akan meningkatkan rizki anda. Berbanding terbalik jika anda menyewa homestay, anda akan tinggal sendiri di rumah itu atau bersama keluarga anda sendiri. Kondisi ini tidak akan menambah kenalan atau relasi anda.

<!--[if !supportLists]-->4.      <!--[endif]-->Area Parkir Homestay Lebih Luas

Kebanyakan homestay memiliki lahan yang luas sehingga terdapat area parkir yang luas dan bisa digunakan untuk parkiran mobil. Sedangkan kosan harian biasanya area parkirnya lebih kecil dan hanya cukup untuk menampung beberapa buah sepeda motor.

<!--[if !supportLists]-->5.      <!--[endif]-->Terdapat halaman di depan Homestay

Seperti halnya rumah pada umumnya yaitu terdapat halaman rumah yang ditumbuhi oleh tanaman atau bahkan ada kolam ikan. Sedangkan kosan harian, hanya ada bangunan yang terdiri dari beberpa buah kamar tanpa ada halaman dikosan.

Seperti itulah penjelasan terkai 5 perbedaan kosan harian dan homestay. Meskipun ada perbedaan mencolok antara kosan harian dan homestay namun keduanya saling memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing. Oleh sebab itu, bisnis ini memiliki pangas pasar yang berbeda – beda. Dimana kosan harian untuk pelancong yang masih single sedangkan penyewa homestay lebih cenderung ke arah orang yang telah berkeluarga.