5 Kesalahan Fatal dalam Berbisnis Kos - Kosan

5 Kesalahan Fatal dalam Berbisnis Kos -  Kosan

Di era sekarang ini peminat untuk menjadi pengusaha muda berkembang begitu pesat. Hal ini terlihat berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia mulai dari kuliner hingga properti. Salah satu bisnis yang dahulu sampai sekarang masih eksis adalah berbisnis Kos – Kosan. Bisnis ini memang tidak pernah surut meskipun ada bisnis lainnya seperti sewa apartemen.  Kebanyakan orang hanya memikirkan keuntungan yang besar, namun tidak semua orang dapat sukses di bisnis ini. Tidak sedikit pengusaha Kos – Kosan melakukan kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja sehingga terjadi ketidakberhasilan dalam usaha Kos – Kosan. Pada artikel ini akan membahas tentang 5 kesalahan fatal dalam berbisnis Kos – Kosan.

Menjadi pengusaha pemula dalam bisnis properti seperti bisnis Kos – Kosan, maka anda harus belajar dari kesalahan yang sering diperbuat oleh pengusaha pemula. Kesalahan – kesalahan tersebut menjadi referensi anda dalam menentukan keputusan dalam berbisnis. Keputusan yang tepat akan menjadi langkah yang baik untuk perkembangan bisnis anda. Berikut ini 5 kesalahan fatal dalam berbisnis Kos – Kosan, antara lain:

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Sering Mengabaikan Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis memang sangat penting untuk menentukan kebijakan. Perencanaan ini juga berkaitan dengan model kosan,  fasilitas yang tersedia serta target market atau calon penghuni kosan. Dalam membangun kosan diperlukan perecanaan terkait anggaran yang diperlukan untuk membangun kosan tersebut. Jika anda melakukan perencaan finansial terkait dana untuk membangun kosan maka anda dapat menentukan tarif sewa kosan. Hal ini akan mempermudah anda untuk menentukan kapan anda bisa balik modal. Oleh sebab itu, sering mengabaikan perencanaan bisnis ini menjadi kesalahan umum yang dilakukan pengusaha pemula. Jangan sampai anda rugi diawal gara – gara mengabaikan perencanaan bisnis.

<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Menjalankan Usaha Kosan Sendiri

Dalam berbisnis tidak dapat dikerjakan secara individu karena menjalankan bisnis terdapat beberapa unsur yang tidak dapat dihandle secara individu. Unsur yang pasti ada di setiap bisnis apapun yaitu marketing, keungan, sekretaris, perlengkapan dan lainnya. Hal ini tidak mungkin dikerjakan secara individu sehingga memerlukan bantuan orang lain. Anda dapat mengajak rekan anda, atau saudara anda untuk membangun bisnis Kos – Kosan menjadi lebih maju dan sejahtera.

<!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->Tidak Melakukan Marketing atau Promosi

Salah satu kegagalan dari setiap bisnis adalah matinya marketing. Marketing adalah cara untuk mendapatkan customer dengan menginformasikan usaha atau bisnis anda kepada orang lain yang dijadikan target market. Selain itu, sempitnya area marketing membuat bisnis kosan tidak berkembang. Saat ini sudah terdapat teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat sehingga memudahkan anda untuk mempromosikan kosan anda secara online. Perilaku jaman sekarang sudah berubah, banyak orang memerlukan sesuatu dengan mencari info melalui internet termasuk mencari Kos – Kosan. Hal ini dikarenakan tidak sedikit terget market utama berasal dari luar kota.

<!--[if !supportLists]-->4.      <!--[endif]-->Salah dalam Menentukan Tarif Kosan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha kosan pemula adalah salah dalam menentukan tarif kosan. Sebagai pengusaha pemula sebaiknya anda memperhatikan harga pasar sehingga harga atau tarif sewa kosan anda tidak jauh berbeda dengan harga kosan lainnya. Selain itu, tidak sedikit mindset pengusaha pemula inginnya mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat tanpa memikirkan efek jangka panjang. Jika harga tarif sewa kosan anda lebih tinggi dari kosan lain yang memiliki fasilitas yang sama maka secara logika, orang lain akan enggan untuk menyewa kosan anda.

<!--[if !supportLists]-->5.      <!--[endif]-->Tidak Meningkatkan Pelayanan

Kesalahan terakhir ini bisa dibilang cukup fatal, karena banyak orang pindah ke kosan lainnya gara – gara tidak meningkatkan pelayanan yang efektif. Jika anda memiliki kosan maka anda gunakan teknologi yang ada seperti pembayaran sewa kosan bisa lewat internet banking sehingga penghuni kos tidak perlu ke tempat tinggal pemilik kosan. Selain itu, gunakan alat komunikasi yang sekarang lagi tren seperti WhatsApps. Media komunikasi ini bisa menjadi alat untuk mengutarakan keluhan terkait fasilitas di kosan anda.

Demikian penjelasan terkait 5 kesalahan fatal dalam berbisnis Kos –Kosan. Jika anda ingin memulai bisnis kosan maka anda harus pelajari kesalahan tersebut agar anda terhindar dari kesalahan yang sama. Anda juga harus belajar dari kesalahan tersebut sehingga anda lebih siap dalam menjalankan bisnis ini.