5 Kebiasaan Salah dalam Memulai Bisnis Kosan

5 Kebiasaan Salah dalam Memulai Bisnis Kosan

Dalam memulai bisnis kosan maka anda perlu memperhatikan beberapa hal termasuk dalam kebiasaan bisnis yang harus dihindari. Kebiasaan ini akan membuat bisnis kosan anda tidak akan berkembang. Ada beberapa kebiasaan yang perlu anda hindari. Hal ini dikarenakan kebiasaan ini akan membuat bisnis anda tidak akan berkembang. Pada artikel ini akan membahas 5 kebiasaan salah dalam memulai bisnis kosan.

Bisnis kosan ini banyak dilirik oleh para pensiunan pegawai negeri. Hal ini dikarenakan prospek pendapatan pasif bisnis kosan ini terbuka lebar dan berpeluang untuk menjadi usaha yang dapat diturunkan ke anak cucu anda. Alasan inilah yang membuat para pensiunan membuka usaha bisnis kosan ini. Namun sebelum anda memulai usaha kosan ini maka sebaiknya anda harus memahami beberapa kebiasaan pengusaha pemula dalam berbisnis yang berdampak usaha kosan tidak berjalan dengan lancar. Berikut ini 5 kebiasaan salah dalam memulai bisnis kosan, antara lain:

  • <!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Sering menganggap remeh rencana bisnis

Bussiness planing dalam bisnis apapun itu sangat penting. Rencana bisnis ini menjadi peta atau langkah – langkah dalam menjalankan bisnis. Sebaiknya dalam menjalankan bisnis harus anda buat terlebih dahulu terkait rencana bisnis kosan anda. Kebiasaan dalam menganggap remeh rencana bisnis membuat banyak pengusaha pemula akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya termasuk bisnis kosan. Oleh sebab itu, kebiasaan inilah yang perlu anda hindari sebelum memulai bisnis kosan anda.

  • <!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Kebiasaan mengerjakan semua pekerjaan secara mandiri (tanpa bantuan orang lain)

Kebiasaan yang salah selanjutnya dalam memulai bisnis kosan adalah kebiasaan mengerjakan semua pekerjaan sendiri atau tanpa bantuan orang lain. Dalam bisnis apapun termasuk bisnis kosan, akan tidak mungkin untuk dikerjakan secara mandiri. Anda harus mencari asisten untuk membantu pekerjaan anda dalam sehari – hari. Hal ini bertujuan agar anda bisa fokus untuk mengembangkan usaha kosan anda.

  • <!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->Kebiasaan tidak beriklan atau mempromosikan usaha kosan anda

Salah satu kesalahan yang fatal adaalh tidak beriklan atau tidak mempormosikan usaha kosan anda. Iklan adalah sarana memperkenalkan usaha kosan anda kepada orang lain agar orang lain mengetahui usaha kosan anda. Iklan adalah salah satu cara menggaet orang lain untuk bersedia tinggal di kosan anda. Saat ini banyak cara untuk beriklan seperti iklan via koran atau majlah sampai iklan lewat media sosial dan sejenisnya. Dalam beriklan, anda harus melihat jangkauan pasar atau target market anda. Jika kosan anda berlokasi di dekat kampus maka target market anda adalah mahasiswa. Pentingnya memperhitungkan terkait target market akan membuat usaha kosan anda akan berkembang.

  • <!--[if !supportLists]-->4.      <!--[endif]-->Kebiasaan tidak memahami harga sewa kosan

Dalam berbisnis terutama bisnis kosan, anda harus memperhatikan terkait harga pasar atau harga sewa kosan. Hal ini akan membuat anda bisa memperhitungkan terkait harga sewa di kosan anda. Anda bisa mencari rata – rata harga sewa kosan via media sosial atau jaraingan lainnya. Setelah anda mengetahu harga pasar, anda bisa menurunkan harga lebih rendah dari harga pasar untuk menggaet orang agar bersedia tinggal di kosan anda.

  • <!--[if !supportLists]-->5.      <!--[endif]-->Kebiasaan tidak bekerja sama dengan pihak lainnya

Jika anda ingin sukses dalam berbisnis kosan maka penting bagi anda untuk membuat MOU atau perjanjian dengan stakeholder atau pihak yang terkait. Salah satu contohnya dengan pihak kampus jika kosan anda berada di dekat kampus atau anda bisa membuat perjanjian hitam di atas putih dengan pihak perusahaan jika kosan anda berada di sekitar area perusahaan. Penting bagi anda juga membuat perjanjian yang saling mengentungkan antara anda dengan pihak yang terkait.

Demikianlah penjelasan terkait 5 kebiasaan salah dalam memulai bisnis kosan. Bagi anda yang ingin memulai bisnis kosan maka sebaiknya anda pahami kelima kebiasaan tersebut agar bisnis anda bisa berjalan lancar.