4 Kelebihan Berbisnis Kosan dari pada Berbisnis Kontrakan

4 Kelebihan Berbisnis Kosan dari pada Berbisnis Kontrakan

Perkembangan teknologi membuat beragam bisnis yang ada di Indonesia. Salah satu bisnis yang dari dulu sampai sekarang masih eksis meskipun muncul jenis bisnis lainya yaitu bisnis kosan dan kontrakan. Kedua bisnis properti ini memang masih eksis sampai sekarang dengan beberapa perubahan baik dari sisi konsep maupun teknik marketing. Perkembangan dunia teknologi khususnya teknologi komunikasi dan informasi membuat cara mempromosikan binsis kosan dan kontrakan ini semakin mudah serta terencana. Dibalik itu semua, terdapat perbedaan mendasar terkait kelebihan berbisnis kosan dari pada berbisnis kontrakan. Pada artikel ini akan membahas tentang 4 kelebihan berbisnis kosan dari pada berbisnis kontrakan.

Memang pada dasarnya setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing seperti halnya bisnis kosan dan kontrakan. Bagi anda yang ingin terjun di bisnis properti maka sebaiknya anda perhatikan beberapa kelebihan kedua bisnis ini. Anda akan dapat mempertimbangkan seberapa keuntungan yang dapat anda dapatkan jika anda berbisnis kosan atau kontrakan. Berikut ini 4 kelebihan berbisnis kosan dari pada berbisnis kontrakan, antara lain:

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Pangsa Pasarnya lebih luas

Kontrakan , pada umumnya diperuntukan kepada keluarga atau orang yang telah menikah. Namun kosan biasanya bisa digunakan untuk keluarga dan perorangan. Selain itu, kosan lebih meluas, dimana bukan hanya orang yang berstatus mahasiswa bahkan pekerja juga bisa tinggal di kosan. Mahasiswa jarang bertempat tinggal di kontrakan karena kontrakan menyewa satu rumah dan tidak seperti kosan yang hanya satu kamar. Oleh sebab itu jika anda berbisnis kosan akan lebih berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pada anda berbisnis kontrakan.

<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->Penghasilan Rutin dan Jangka Panjang

Selain pangsa pasarnya yang luas, kosan juga menghasilan pendapatan secara rutin per bulan. Hampir setiap orang memilih kosan sebagai tempat tinggal sementara sehingga bisnis kosan ini bisa menjadi bisnis yang survive untuk jangka panjang. Bila dibandingkan dengan konrakan, pembayaran dilakukan setahun sekali atau beberapa tahun sekali tergantung kesepkatan pemilik kontrakan dengan penyewa kontrakan.

<!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->Pengelolaan Kosan Lebih Mudah

Kelebihan kosan lainnya dibanding kontrakan adalah dalam hal pengelolannya. Jika berbisnis kosan lebih mudah karena anda dapat menyerahkan kepada orang yang anda percayai untuk mengelolanya.  Anda hanya datang sesekali untuk menggaji satpam, ssisten rumah tangga yang bersih – bersih kosa serta mengecek fasilitas yang ada dikosan. Pengecekan kosan juga sederhana karena kosan hanya menyewakan kamar saja.

Jika anda berbisnis kontrakan maka anda tidak dapat mengecek kontrakan anda karena sudah sepenuhnya hak penyewa rumah. Jika terjadi hal yang kurang baik pada rumah kontrakan anda maka anda tidak bisa tau. Kebanyakan penghuni kontrakan ketika ada kerusakan pada rumah kontrkan, tidak segera diperbaiki.  Hal ini akan membuat anda rugi secara materi.

<!--[if !supportLists]-->4.      <!--[endif]-->Kosan Lebih Terorganisir

Pada kosan terdapat aturan – aturan yang harus dipatuhi oleh penghuni kosan sehingga anda sebagai pemilik kosan dapat memantau pergerakan penghuni kosan. Jika ada penghuni kosan yang dicurigai melanggar hukum maka anda bisa mengambil tindakan sebelum tertangkap basah oleh aparat negara. Hal ini membuat anda tidak khawatir terhadap kosan anda. Namun jika anda membuak bisnis kontrakan, seperti yang anda tahu bahwa kontrakan jarang ada aturan khusus terkait kegiatan penghuni kosan. Oleh sebab itu, anda susah memantau pergerkan aktivitas terkait penghuni kosan. Jika terjadi aktivitas yang melanggar hukum anda tidak bisa melihatnya. Hal ini akan merusak reputasi kontrakan anda jika terjadi aktivitas yang melanggar hukum.

Demikian penjelasan terkait 4 kelebihan berbisnis kosan dari pada berbisnis konrakan. Jika anda ingin memulai usaha properti dan binggun mau usaha kosan atau kontrakan maka anda dapat memperlajari kelebihan tersebut. Anda akan terbuka pikirannya menentukan pilihan mau berbisnis kosan atau berbisnis kontrakan.