4 Alasan Utama Maahsiswa Wajib Kos

4 Alasan Utama Maahsiswa Wajib Kos

Secara statisktik, mahasiswa di Indonesia lebih cenderung melanjutkan pendidikan di kampus yang berada di luar kota. Mahasiswa tersebut biasanya menyewa kosan untuk tempat tinggalnya. Kosan memang sering dikait -  kaitkan dengan mahasiswa namun tidak semua penghuni kosan adalah orang yang berstatus mahasiwa atau pelajar namun juga seoran pekerja. Tidak sedikit kosan yang membuka diri untuk menyewakan tempat kosan menjadi tempat tinggal pekerja kantoran atau pabrik. Namun memang secara statistik menunjukkan penghuni kosan terbanyak adalah mahasiswa atau pelajar. Ada berbagai alasan mengapa mahasiwa cenderung memilih kosan sebagai tempat tinggalnya. Pada artikel ini akan membahas terkait 4 alasan utama mahasiwsa wajib kos. 

Kosan memang identik dengan mahasiwa karena jarang mahasiwa menyewa rumah kontrakan atau apartemen sebagai tempat tinggalnya. Selain harganya yang murah, kosan juga lebih fleksibel dan tidak ada aturan yang banyak seperti tempat tinggal semeentara lainnya. Diluar dari itu semua, mahasiswa juga memiliki alasan kenapa mahasiswa wajib kos. Berikut ini 4 alasan utama mahasiswa wajib kos, antara lain:

  •  <!--[endif]-->Lokasi Kampus terlalu Jauh dari Rumah

Alasan pertama dan utama kenapa mahasiswa wajib kos yaitu lokasi kampus terlalu jauh dari rumah sehingga tidak mungkin untuk pulang pergi (PP) tanpa harus kos. Lokasi kampus yang jauh membuat mahasiswa kos di area dekat kampus.

  • Bebas

Seperti yang dijelaskan diawal bahwa kosan lebih fleksible dibandingkan tempat tinggal sementara lainnya seperti rumah kontrakan dan aparteman. Anda sebagai mahasiswa dapat pulang kapanpun dan pemilik kosan tidak akan marah. Jika anda mahasiswa yang aktif di oraganisasi kampus maka anda akan mengalami berangkat dan pulang pagi. Ketika anda kos maka tidak ada yang berfikir negatif tentang diri anda. Kebebasan ini juga pasti ada batasan terkait norma – norma susila seperti tidak boleh membawa lawan jenis, minuman dan obat yang dilarang.

Ketika anda tinggal di rumah dan anda pulang dari kampus telat maka anda akan dicari oleh orang tua anda.  Kondisi ini berkebalikan dengan jika anda tinggal dikosan maka tidak mungkin anda dicari oleh ibu kos jika anda pulang telat. Alasan inilah yang membuat kebanyakan mahasiswa untuk tinggal di kosan.

  • Cari Suasana Baru

Salah satu alasan kenapa mahasiswa ingin kos adalah mencari suasana baru. Ketika masih tinggal serumah dengan orang tua membuat anda dibatasi dalam bergaul, namun jika anda tinggal di kosan maka anda akan mendapatkan teman baru yaitu teman satu kosan. Anda akan belajar bergaul dengan berbagai orang dengan ragam kebudayaan yang berbeda – beda. Alasan inilah yang membuat banyak orang yang berstatus mahasiswa memutuskan untuk tinggal sementara di kosan.

Selain iut, anda juga bertemu teman – teman senasib yaitu sama – sama berstatus mahasiswa. Jika anda tinggal dikosan maka anda mudah dalam mengajak teman kampus anda untuk bermain dikosan. Kondisi ini tidak anda temukan jika anda masih tinggal dengan orang tua. Apabila teman anda mau menginap maka anda tidak perlu ijin ke siapapun termasuk ibu kos.

  • Belajar Mandiri

Alasan mahasiswa wajib kos terakhir ini memang terlihat klasik namun masih sering diutarakan oleh mahasiswa yaitu belajar mandiri. Memang benar jika anda tinggal dikos maka anda harus mampu merawat diri sendiri seperti jadwal makan, jadwal belajar, merapian kamar kos sendiri, dan sebagainya. Di kosan anda akan belajar hidup mandiri tanpa bantuan orang tua anda. Selain itu, anda akan belajar mengelola keungan pribadi. Hal ini dikarenkan mayoritas orang tua mengirim ke anakanya yang berstatus mahasiswa biasanya sebulan sekali sehingga anda dapat belajar dalam mengelola keuangan anda.

Demikian penjelasan yang singkat namun mendalam terkait 4 alasan utma mahasiswa wajib kos. Bagi anda yang berstatus mahasiswa luar kota memang lebih baik tinggal dikosan dari pada harus pulang ke rumah.